PROFIL

Nama Perusahaan
PT. Manajemen Qolbu Television

Tahun Berdiri
19 November 2002 Berdasarkan SK Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI Nomor: C-12436 HT.01.01.TH.2004, NPWP Nomor: 02.244.398.0-428.000

Alamat Kantor & Studio
Jl. Gegerkalong Girang Baru No. 11 Bandung 40154
Telp +62 22 200 3776 Fax +62 22 200 3803

Alamat Transmisi
Kampung Gandrung No.19, Desa Jambu Dipa, Kec.Cisarua 40551
Telp +62 22 70893595

Pemilik
Abdullah Gymnastiar

Visi
Menjadi Televisi berjaringan terbesar sebagai sahabat keluarga yang menyejukkan, informative dan edukatif dengan landasan nilai-nilai islam.

Misi
Menyiarkan dan mendakwahkan nilai-nilai islam yang indah, sederhana dan universal dengan jaringan internasional.
Membangun insane televisi yang memiliki integritas tinggi terhadap dunia islam.
Menggali potensi komersil dengan melibatkan masyarakat, khususnya dalam mengembangkan usaha kecil menengah dan mandiri.

Model Nilai Perusahaan


Nilai Inti Perusahaan
  • Jujur
  • Tanggung Jawab
  • Berjuang
  • Disiplin
  • Ikhlas

Logo Perusahaan


Makna Philosofis Logo

Warna Biru, melambangkan kesejukan, persahabatan, perdamaian sehingga diharapkan MQTV ini menjadi pembawa kebenaran yang akan menyejukan masyarakat khususnya masyarakat Indonesia.

Huruf MQTV kokoh dan Italic, mengartikan bahwa MQTV ini mempunyai visi dan misi yang kuat dalam menyampaikan kebenaran namun dengan strategi yang tepat dengan menghadirkan program yang universal, sederhana dan islami.

Dibawah huruf MQTV ada slogan Sahabat Penyejuk Hati, Memberikan kejelasan bahwa MQTV hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai sahabat penyejuk hati dimana kalau sudah menjadi sehabat MQTV akan menjadi tempat saling memberi dan menerima kebaikan dan kesejukan.

Huruf Q biru bening, merupakan akumulasi berjuta sinar yang menggumpal membentuk huruf Q memeberikan arti bahwa MQTV ini akan mencetak biru prestasi di dunia sebagai pembawa dan penyampai risalah Rosulullah SAW. Dan mencerminkan perusahaan yang berjiwa dinamis, profesional dan semangat kebersamaan.

Slogan
Sahabat Penyejuk Hati

Prinsip Manajemen
Produktivitas adalah produk dari kebeningan hati, dengan berpijak pada kebeningan hati akan terbangun etos dan semangat ruhiyah bersama dalam kesatuan gerak, laksana satu tubuh atau satu bangunan yang saling menguatkan ( Ka al jasadi al wahid – ka al bunyan yasyuddu ba’duhum ba’dl )

Aspek Programming

Cita-cita Program
  • Menjadi lembaga penyiaran televisi (television broadcasting) dengan program yang sarat nilai (value) namun tetap menghibur (entertaint)
  • Menjadi lembaga penyiaran televisi (television broadcasting) dengan program yang menjadi sarana informasi, edukasi, dan dakwah (mengajak pada perubahan dan kebaikan) 
Tujuan Program
  • Mendidik dan mencerdaskan bangsa
  • Membangun akhlak (moral dan spiritual)
  • Menjadi penyejuk, motivator dan pemersatu bangsa
Konsep Program
  • Lebih menekankan pada local content
  • Banyak melibatkan masyarakat sebagai pemirsa
  • Ditayangkan dalam format live dan interaktif dengan pemirsa.

Target Pemirsa
  • Keluarga (Primary Target, Usia 7 – 70 Tahun)
  • Remaja (Secondary Target, Usia 14 Tahun keatas)
  • Anak – Anak (Usia dibawah 14 Tahun)
  • Social Economy Status (SES) Level A1, A2, B, C1,C2, D
Karakter Program
Dakwahtainment dan edutainment (mengemas dan menyajikan content dakwah dan pendidikan dengan menarik, sederhana, menyenangkan dan universal). Karakteristik dakwahtainment dan edutainment ini dibangun dalam kesatuan antara inti pesan (doktrinal Islam sebagai bahan materi dakwah) dan kreasi pemikiran pesan (sisi aktualitas yang dikemas dalam kreasi-kreasi penyampaian), dengan meliputi aspek:

Indoktrinatif  : dimensi ajaran sebagai inti pesan dakwah yang akan disampaikan

Informatif dan edukatif : dimensi aktualitas dan kontekstualitas yang sesuai dengan basic need dan problema keummatan yang memuat unsur pendidikan

Estetika: dimensi kreasi yang sarat dengan nilai seni sehingga menjadi suguhan yang menarik dan mudah dipahami
Ketiga aspek tersebut merupakan kepaduan pesan dari kebenaran, kebajikan dan keindahan.

Koridor Aturan dan Ukuran Nilai Program
  • Norma
  • Etika
  • Estetika

Tipe Program Acara Televisi (v. Nielsen Media Research)
  • Religius
  • Series dan Movie
  • Sinetron dan Drama
  • Entertainment
  • Children
  • Information
  • N e w s
  • Spesial (Event)
  • Filler
  • Sport

Target Pengiklan
Sebagai televisi bersiaran local yang memiliki segmentasi khusus untuk kalangan masyarakat muslim diharapkan dapat meraih pangsa pasar yang jelas dan terstruktur, disebabkan penonton MQTV adalah mereka yang sangat loyal dan memiliki rasa keingintahuan yang terhadap sustu hal, itulah mengapa bagi klien yang memiliki produk yang hanya dikeluarkan pada saat Ramadhan, tanpa ragu akan terus beriklan karena hanya di MQTV Ramadhan Selamanya. Adapun target pengiklan nya adalah sebagai berikut :
  • Perusahaan lokal yang memusatkan target pasarnya di Bandung Raya dan sekitarnya
  • Perusahaan Multinasional / Nasional yang ingin memenangkan pasar di Bandung Raya dan sekitarnya sebagai wilayah dengan potensi pasar terbesar di Indonesia
  • BUMN dan Kantor Pemerintah
  • Masyarakat yang akan beriklan di MQTV

News
  • Sumber fakta dan data yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan (accountable)
  • Independen (tidak memihak dan menyudutkan)
  • Membangun solusi dan kebersamaan

Aspek Teknis
Cara menemukan Channel MQTV pada Gelombang 60 UHF

Manual Setup
  • Cari Channel kosong pada TV Anda dengan menggunakan remote TV Anda atau tekan tombol
  • pemilihan program pada Pesawat TV Anda, Misal Channel yang masih kosong adalah Channel 8
  • Tekan “Menu” pada remote TV Anda atau “Setup Program” pada Pesawat TV Anda
  • Pilih “Manual Search Channel” kemudian temukan frekuensi 783.5 MHz.
  • Anda akan menemukan frekuensi MQTV setelah ANTV atau sebelum TPI
  • Ketika Anda menemukan MQTV, Proses selesai

Automatic Setup
  • Tekan “Menu” untuk Setup Channel (memakai remote atau pada Menu TV Anda)
  • Cari fasilitas pencarian channel otomatis (Auto Search Channel) pada “Menu” kemudian mulailah pencarian channel
  • Pada proses penemuan otomatis, setiap channel stasiun TV akan diperlihatkan dalam waktu yang bersamaan, termasuk MQTV
  • Rubahlah posisi antenna TV Anda, jika semua cara untuk Setup diatas tetap tidak menemukan Channel MQTV.

Jangkauan Siaran
MQTV dipancarkan melalui gelombang 60 UHF (783.5 MHz), Channel sesudah ANTV dan sebelum TPI, dari ketinggian menara 80 m.

Siaran MQTV saat ini telah menjangkau :
  1. Kota Bandung
  2. Kabupaten Bandung
  3. Kabupaten Bandung Barat
  4. Kota Cimahi
  5. Sumedang
  6. Garut
  7. Cianjur
  8. Subang
  9. Tasikmalaya





Readmore »»